Jangan menjadi orang ingkar dan munafik

Kata kafir dan munafik ialah jenis kategori manusia yang dilakukan dirinya terhadap petunjuk yang telah sampai kepadanya dari rasulullah. Dia telah tahu apa itu ajaran Allah yang dibawakan oleh utusan-Nya yaitu Rasulullah SAW namun manusia ini mengingkari jalan itu, tidak mau mengikuti, bahkan menjadi musuh dari umat yang menjalani ajaran Allah tersebut. Tipe ini ialah orang kafir.

Allah SWT menjelaskan bahwa ketika kita memberikan peringatan/dakwah kepada orang kafir, banyak di antara mereka tetap tidak akan beriman karena Allah telah mengunci hati, telinga mereka dan pada mata mereka ada tutup atau hijab yang membuat mereka tidak dapat melihat kebenaran. Bagi mereka siksa yang amat berat. Namun, selain itu Allah SWT berkehendak untuk menjadikan orang yang tadinya kafir bisa mendengar atau melihat petunjuk sehingga mereka berpikir dan menemukan kebenaran. Jadi walaupun hati, telinga, dan mata mereka terkunci, Allah memberikan akal agar mereka masih dapat berpikir.

Kafir

Sedangkan manusia yang dia mengaku beriman akan tetapi perbuatannya tidak merefleksikan sebagai orang yang sungguh beriman. Manusia tipe inilah yang disebut orang munafik. —Mereka hanya menipu Allah & orang-orang beriman namun sesungguhnya mereka ini menipu diri sendiri. Di dalam hati orang munafik ini ada “penyakit” dan Allah akan terus menambah “penyakit” ini. Orang munafikpun akan dibalas dengan siksa yang pedih atas apa yang mereka dustakan di dunia.

Jangan sampai kita termasuk ke dalam golongan orang munafik ini, kita merasa sudah menjadi orang beriman yang benar namun padahal perbuatan kita mencerminkan orang munafik. Sehingga di dalam hati kita terdapat penyakit. Untuk mengetahui apakah kita termasuk ke dalam golongan orang munafik, Allah menjelaskan pada ayat 11-14 Al Baqarah yaitu:

  • —Mereka berbuat kerusakan di bumi namun ketika diingatkan merasa bahwa mereka telah berbuat kebaikan bukan kerusakan. Contoh berbuat kerusakan di bumi seperti menebang hutan yang dilindungi dan membunuhi makhluk hidup di dalamnya. Selain itu kerusakan di bumi ini juga yang dimaksud hal-hal kecil seperti membuang sampah sembarangan. Islam adalah agama yang sangat mencintai alam dan membenci kerusakan di bumi. Oleh karena itu, jika kita orang muslim maka kita seharusnya mencintai alam dan ketertiban di muka bumi. Jauhilah orang yang suka berbuat kerusakan di bumi karena jangan-jangan kita termasuk ke dalam golongan orang munafik ini.

  • Kedua, mereka tidak mau beriman seperti mukmin lainnya bahkan mereka mengejek mukmin lainnya itu merupakan orang-orang bodoh padahal Allah telah menjelaskan bahwa yang bodoh itu ialah orang-orang munafik. Contoh di bawah orang muslim mengejek mukmin lainnya dan tidak mau beriman seperti mukmin lainnya.

  • Ketika orang munafik bertemu dengan orang Islam, mereka berkata mereka beriman namun ketika mereka bertemu dengan orang-orang kafir atau munafik lainnya, mereka hanya bilang bahwa mereka hanya bercanda dan bermain-main saja.

—Allah akan mempermainkan orang munafik ini di dunia dan akhirat dan membiarkan mereka dalam kesesatan sehingga mereka terus terombang ambing. —Orang ini menukar petunjuk yang jelas dalam Al Quran dengan kesesatan dan mereka tidak mendapat petunjuk dari Allah SWT.

Untuk orang munafik seperti ini, Allah memberikan perumpamaan kondisi yang dialami oleh orang seperti ini yaitu:

  • Mereka seperti menyalakan lilin di tempat yang gelap kemudian lilin itu dimatikan oleh Allah sehingga mereka berada dalam kegelapan menjadi Tuli, Bisu dan Buta sehingga mereka pun tidak dapat kembali

Candle

  • Selain itu, mereka seperti berada dalam kondisi hujan yang sangat lebat dan gelap, hanya ada kilat beserta petir di dalamnya. Mereka menutup telinga karena takut mati diakibatkan menggelegarnya kilat dan hujan yang sangat lebat disertai kegelapan yang pekat.

Heavy Rain

  • Kilat tadi hampir menyambar mata mereka. Setiap ada sinaran kilat, mereka berjalan namun ketika gelap mereka berhenti. Allah bisa saja menghilangkan penglihatan dan pendengaran mereka
—Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu termasuk orang-orang kafir. Itulah tadabbur dari ayat QS.2:6-20.
Advertisements

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: