Sembahlah Tuhan yang menciptakan bumi, langit dan air

Pada ayat 21 surat Al Baqarah, Tuhan memerintahkan seluruh manusia untuk menyembah Allah sebagai Tuhan yang telah menciptakan manusia baik itu yang sekarang maupun sebelum kita. Sehingga manusia itu merupakan ciptaan Tuhan bukan berasal dari evolusi kera. Tujuan perintah menyembah ini ialah agar manusia menjadi orang yang bertakwa. Karena dengan takwa, manusia akan mendapat ridho Sang Pencipta sehingga ia akan hidup bahagia di dunia dan setelah kematian nanti yaitu di akhirat. Seperti pada hikmah sebelumnya, orang takwa akan menjadi orang beruntung dan akan mendapat petunjuk dari Tuhan.
—
Allah menjelaskan bahwa Dia menciptakan bumi sebagai hamparan yang luas dan langit itu sebagai atap dari hamparan tersebut. Seperti yang kita ketahui, langit bumi terdiri dari atmosfir yang berlapis-lapis. Dari Troposphere hingga Exosphere, masing-masing lapisan memilki fungsi masing-masing. Ada yang bertindak untuk menahan radiasi ultraviolet dan juga ada yang memantulkan gelombang mikro. Sehingga lapisan ini bertindak seperti atap dari daratan dan lautan di bumi. Diatas atmosphere sebenarnya ada lapisan langit yang lebih luas yaitu alam semesta.
Langit dan Bumi
Kemudian Allah SWT menjelaskan bahwa Dia menurunkan air dari langit ke bumi dan dari air inilah keluar buah-buahan sebagai rezeki untuk manusia.
Dengan ciptaan-Nya ini, Allah memerintahkan kita manusia untuk tidak menjadikan sesuatu atau seseorangpun sebagai tandingan Allah sebagai Tuhan. Makna ini cukup mendalam, kadang kita mengaku bertuhan Allah namun kita tidak mengutamakan Allah ketika panggilan Allah untuk shalat telah tiba, malah kita suka lalai untuk shalat yang diperintahkan oleh Allah SWT.
Tafsir QS 2: 21-22.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: