Siklus kehidupan dibuat Tuhan

Bagaimana kita ingkar kepada Allah SWT yang menciptakan kita dengan siklus mati – hidup – mati – hidup dan akan dikembalikan kembali kepada-Nya.

  • Fase pertama ialah Mati. Lama fase ini: ~ (Wallahualam)

yaitu disaat kita sebelum berada di rahim ibu kita. Kita tidak berwujud apa-apa. Pernahkah kita berpikir bahwa jika kita tidak hidup ke dunia, kita akan berada dimana? Mungkin kita hanya berupa nyawa yang berada dalam kegelapan dan tidak berarti apa-apa.

  • Fase kedua ialah Kehidupan Dunia. Lama fase ini: sesuai umur Rasulullah (normalnya 50-70 tahun)

Kemudian Allah SWT menjadikan kita ruh yang menempati fisik bayi saat masih berada di dalam rahim ibu kita. Disinilah Allah SWT menjadikan kita hidup. Setelah kita lahir ke dunia, Allah menjadikan kita seorang manusia yang saat inilah Allah memberikan petunjuk dari Rasul-Nya agar kita menjalani kehidupan ini memiliki visi, misi dan manual yang jelas.

Cycle

  • Fase ketiga: Kematian di alam kubur. Lama fase ini: kurang lebih 3000 tahun.

Setelah kita berumur kurang lebih 63 tahun, kita akan mati dan masuk ke dalam kubur untuk menunggu dibangkitkan kembali. Di kubur ini, yang kita bawa hanya amalan kita di dunia saja. Harta, keluarga dan segala yang kita dapat di dunia akan ditinggalkan. Bayangkan 3000 tahun ini bisa menjadi siksaan namun bisa juga menjadi ketenangan. Tergantung amal kita, jika amal kita bagus, shalat 5 waktu yang bagus, amalan wajib dan sunah kita penuhi, amal jariyah yang terus mengalir maka kubur kita tidak akan sempit. Wallahualam

  • Fase keempat: Kebangkitan di Alam Mahsyar. Lama fase ini: kurang lebih 50.000 tahun

Setelah kiamat datang, maka kita akan dibangkitkan oleh Allah SWT untuk menunggu pengadilan yang sebenar-benarnya dan seadil-adilnya. Semua orang akan membawa buku catatan semua amal yang pernah ia lakukan selama di dunia yang hanya berkisar antara 50-70 tahun. Jika amalannya baik maka ia akan menunggu bersama Rasulullah dan dengan tenang namun jika amalannya buruk, maka ia akan ketakutan dan sangat galau. Di fase ini, semua orang akan menunggu kurang lebih 50.000 tahun sebelum ia akan dimasukkan ke dalam surga atau neraka selama-lamanya.

Kesimpulan:

  • Hidup di dunia ini merupakan fase yang sangat sebentar dan tidak akan berarti apa-apa jika dibandingkan dengan fase berikut setelah kita mati. Oleh karena itu, kita harus menjadikan hidup di dunia ini menjadi bekal yang banyak untuk kehidupan berikutnya. Bekal yang paling baik ialah menjadi orang yang bertaqwa dan selalu menghindari berbuat dosa karena bisa jadi kita kalah di pengadilan Allah karena perbuatan dosa kecil yang kita selalu lakukan dan menganggap remeh.

QS. Al Baqarah: 28.

Hanya kepada Allah SWT lah kita berlindung dan memohon pertolongan.

Advertisements

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: