1. Mengenal Allah adalah Fitrah Insani

Pada tulisan selanjutnya saya mencoba berbagi klasifikasi topik yang ada di Al Quran, saya mengambil referensi dari buku tulisan Choiruddin Hadhiri SP yang berjudul Klasifikasi Kandungan Al-Qur’an Jilid 1 dan Jilid 2 terbitan Gema Insani Press.

Pada Bab I ini yang akan dibahas ialah mengenai Allah SWT, Ilmu dan Makhluk ciptaan-Nya. Tag kita mulai dengan Allah SWT. Allah telah nyatakan dalam Al Quran bahwa mengenal Allah ialah fitrah semua insan atau manusia. Disadari atau tidak disadari manusia akan merindukan Sang Pencipta dan Pelindungnya yang Maha Kuasa. Suara fitrah muncul terdengar dan menjerit  memanggil Rabbnya manakala manusia dihadapkan malapetaka, kesulitan yang dahsyat. Malapetaka seperti bencana alam atau ketika kita di pesawat udara dan kondisi cuaca yang sangat tidak bersahabat dan pesawat seperti akan jatuh maka kita akan melihat semua penumpang berdoa dan memanggil nama Tuhan dan Rabbnya. Saat itu manusia patuh tunduk khusyuk, tawakal dan tidak ingkar kepada-Nya. Oleh karena itu, hendaklah manusia tetap pada agama yang lurus yaitu Islam.

Di bawah ini ialah Firman Allah yang menjelaskan sifat manusia yang pada fitrahnya ingat kepada Rabb-Nya pada kondisi tersebut

039.008 039.049

df

Advertisements

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: