Menjaga mulut dan tangan terhadap muslim lain

Kali ini kita membahas mengenai hadis riwayat Bukhari nomer 9 yang menyatakan sebagai berikut:

“Telah menceritakan kepada kami Adam bin Abu Iyas berkata, Telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Abdullah bin Abu As Safar dan Isma’il bin Abu Khalid dari Asy Sya’bi dari Abdullah bin ‘Amru dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, bersabda: “Seorang muslim adalah orang yang Kaum Muslimin selamat dari lisan dan tangannya, dan seorang Muhajir adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah”
Dari hadis ini, Rasulullah mengajarkan ke kita untuk menjaga lisan dan tangan kita terhadap muslim yang lain agar muslim lain selamat atas lisan dan tangan kita. Artinya ialah kita tidak mengejek, mencibir dan berkata buruk mengenai muslim lain. Jika kita tidak setuju atau tidak menyukai muslim lain maka kita sebaiknya diam atau berdiskusi langsung dengannya dengan baik.
Jika berbicara yang tidak baik dengan muslim saja bukan merupakan ciri seorang muslim, apalagi jika seseorang menzalimi muslim yang lainnya. Seperti berantem dengan tangannya, menyakiti muslim tersebut, atau dengan kebijakannya menjadikan muslim yang lain tidak selamat maka hal itu bukanlah sifat seorang muslim.
Maka menjadi seorang muslim bukan hanya untuk seorang diri tersebut. Namun menjadi seorang muslim ialah ketika dia dapat berbicara dan bertingkah laku dengan baik kepada muslim yang lain seperti kepada istrinya, anaknya, orang tuanya dan saudara-saudaranya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: