Bertikai dengan sesama muslim masuk neraka

Persaudaraan dalam muslim sangat dijunjung dan diajarkan oleh Rasulullah. Kali ini kita mencoba mengambil hikmah dalam hadis shahih dari Bukhari sebagai berikut:

“Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Al Mubarak Telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid Telah menceritakan kepada kami Ayyub dan Yunus dari Al Hasan dari Al Ahnaf bin Qais berkata; aku datang untuk menolong seseorang kemudian bertemu Abu Bakrah, maka dia bertanya: Kamu mau kemana? Aku jawab: hendak menolong seseorang. dia berkata: Kembalilah, karena aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Jika dua orang muslim saling bertemu (untuk berkelahi) dengan menghunus pedang masing-masing, maka yang terbunuh dan membunuh masuk neraka. aku pun bertanya: Wahai Rasulullah, ini bagi yang membunuh, tapi bagaimana dengan yang terbunuh? Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: Dia juga sebelumnya sangat ingin untuk membunuh temannya. (HR.bukhari No : 30)”

Dari hadis ini, ketika kita melihat ada dua rekan sesama muslim yang berantem hanya gara-gara persoalan sepele apalagi terkait dengan duniawi maka sebaiknya jika bisa kita membantu mendamaikan. Mendamaikan dengan mengingatkan kepada mereka yang bertikai mengenai bagaimana Rasulullah memandang dua orang muslim yang berkelahi sampai ingin membunuh.

Hal yang bisa kita ambil contoh seperti tawuran dan segala bentuk kekerasan yang terjadi di masyarakat. Tawuran antar murid sekolah, mahasiswa hingga para fans klub sepakbola. Mereka tidak melihat bahwa orang yang dianggap musuh baginya ialah juga muslim dan mereka hanya berkelahi hanya gara-gara fanatisme terhadap kelompok dan golongannya.

Semoga kita semua dan keluarga dapat terlindung dari permusuhan seperti ini yang mengakibatkan perpecahan di tubuh umat Islam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: