Tadabbur Surat ke 113 Al Falaq – 3

113_3

Ghaasiqin berasal dari kata ghasaq yaitu bagian pertama saat malam. Ketika langit biru telah pergi maka langit menjadi hitam. Kata Ghaasiq dalam literatur arab berarti yang hilang seperti saat matahari hilang maka keadaan menjadi gelap. Ghasaq al Qamar berarti gerhana bulan. Allah berfirman bahwa waktu saat malam yang benar-benar gelap.

Min syarri ghaasiqin -dari kejahatan malam. Rasulullah menghindari sahabat-sahabatnya dari keluar saat malam. “Jika kalian tahu apa yang saya tahu, maka kamu tidak akan keluar saat malam.” Syaithan pada berkumpul di laut saat malam. Dalam kondisi sosial kita sekarang, banyak manusia melakukan tindak kejahatan saat waktu malam. Nightclub, narkoba, minum alkohol, berzina dan lainnya. Potensi kejahatan saat waktu malam semakin lebih besar. Jadi kita minta Allah untuk melindungi kita dari kejahatan saat gelap.

Waqab – secara bahasa berarti Kejahatan. Jadi itu seperti kita meminta Allah untuk melindungi kita dari kejahatan kegelapan saat semakin malam. Jadi kenapa kata waqab digunakan?  waqab ad-dhalam = kegelapan jadi benda-benda tidak terlihat. Waqaba mirip seperti adanya parit di gunung pada malam hari kemudian ketika ada sesuatu jatuh kedalamnya, kita tidak dapat melihatnya.

A’uudzu merupakan mencari perlindungan dari benda-benda yang tidak dapat kita lihat. Saat banyak sesuatu yang mengintai kita saat malam hari dan kita tidak dapat melihat. Namun Ghaasiq biasanya menyatakan ke bulan, dan saat bulan juga mempengaruhi arus pasang dan surut pada air laut. Tubuh manusia juga mempunyai efek dari gaya magnet dari bulan sehingga manusia lebih condong menjadi lebih jahat. Dari jaman dahulu, bulan dianggap mempengaruhi tindakan manusia saat malam. Allah mengajarkan kita banyak hal-hal yang tidak kita sadari. Orang-orang yang suka pergi dugem dan pergi malam, mereka perlu segera berhenti melakukan itu. Mereka tidak bisa membaca Al Falaq dan melakukan tindakan yang kontradiksi dengan ajaran Rasulullah SAW.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: